12 Kelebihan dan Kekurangan Realme Narzo 20, yang Harus Kamu Tahu!

Realme Narzo 20 dirilis pada September tahun 2020 dengan membawa desain dan spesifikasi yang tinggi. Realme Narzo 20 RAM 4GB dengan chipset Mediatek Helio G85 dibandrol dengan harga tidak lebih dari 1 juta sekarang. Melihat dari banyaknya brand yang menawarkan berbagai jenis tipe, Realme Narzo 20 bisa menjadi pilihan yang bagus buat kamu.

Realme Narzo 20 RAM 4/64 GB dijual dengan harga Rp 1.899.000 tergantung toko, bisa kurang bisa lebih. Harga bekas dari Realme Narzo 20 juga masih bisa mahal sekitar 1.2-1.5 jutaan.

Apa sih yang membuat ponsel ini menarik? Jelas sekali bahwa Realme Narzo 20 memiliki segunung fitur yang tidak akan kamu temukan di hp manapun dengan harga yang sama. Layak atau tidak semua itu tergantung dari pilihan teman-teman sendiri.

Review kali ini akan membahas secara detail dan singkat termasuk poin yang menjadi kelebihan dan kekurangan Realme Narzo 20.

Review Realme Narzo 20

Realme Narzo 20 Kelebihan dan Kekurangan

1. Desain sederhana dan warna yang cantik

Realme Narzo 20 memiliki desain yang sederhana tapi tetap cantik. Kesan pertama dari Realme Narzo 20 nampak sejuk ketika dipandang.

Iya, warna terdiri dari 2 pilihan Glory Silver dan Victory Blue yang smooth banget di mata. Kalau dilihat gak alay gitulah warnanya. Juga gak terlalu monoton yang kebanyakan hp berwarna hitam.

Desainnya cukup tipis dan terdapat 3 buah kamera plus LED flash di dalam panel. Dan tersedia sensor sidik jari di tengah agak ke atas.

Bezelnya sih cukup tipis ya untuk kelas hp 2 jutaan. Dan lengkungan siku di hp ini juga halus, tidak nampak kotak.

2. Dukungan Chipset MediaTek Helio G85

Dukungan chipset Helio G85 sebagai penyandang chipset gaming karena mengusung seri G. Nah, prosesor ini sih cukup bagus ya, karena skor Antutu juga tinggi sekitar 194.288 (tidak pasti dalam pengujian).

Mendapatkan skor yang tinggi tersebut bukan kaleng-kaleng lagi. Uji untuk performa gaming juga lancar di Mobile Legend. Sayangnya untuk PUBGm terjadi lag di Android 11 setelah update. Entah apa yang membuat hp ini tiba-tiba down, mungkin hanya masalah software saja. Nanti kita tunggu apa ada update Software dari Realme.

3. Triple kamera tajam

Sebenarnya sih biasa saja kameranya karena HP 2 jutaan tidak akan terlalu menyakinkan untuk menimbang kamera sebagai tujuan. Namun, dengan dukungan yang diberikan Realme di Narzo 20 cukup memuaskan menurut kita.

Kamera utama yang memiliki lensa 48 MP nampak cerah dan terang ketika mengambil foto. Warna yang dihasilkan dari kamera ini terlihat asli seperti retina mata. Meski ada sedikit kabur gitulah, mungkin karena tangan sedikit goyang. Nah, kalau gak goyang beda lagi mungkin.

Sejauh ini sih gak ada masalah dengan kamera dari Realme Narzo 20.

4. Dukungan USB Type-C

USB Type-C sudah menjadi supply gadget untuk saat ini. Karena kecepatannya yang bagus dan ini membuat USB Type-C menggantikan posisi USB 2.0 yang sudah belasan tahun bertahan.

Sebenarnya tidak ada yang istimewah sih ya kan. Tapi gak papalah biar kamu tahu aja kalau ada USB Type-C di hp ini.

5. Baterai berkapasitas besar

Dengan kapasitas 6000 mAh yang sangat besar kebutuhan gaming, nonton Youtube, dan kegiatan harian jadi semakin lancar. Kamu tidak perlu lagi harus mengisi daya setiap waktu.

Dengan 6000 mAh bodi dari Narzo 20 juga tidak tampak tebal. Masih bisa dibilang lumayan lah tebal bodinya. Sebagian orang mungkin tidak terlalu suka dengan kapasitas yang besar, tapi kalau kamu cari hp kapasitas besar yang cakep ya ini hpnya.

6. Sentuhan layar cukup responsif

Tidak jarang sekali kita menemukan bahasan tentang layar responsif. Kebanyakan hp memang layarnya juga sudah oke. Nah, di Realme Narzo 20 yang dikhususkan untuk kebutuhan daily memiliki layar yang oke banget.

Ketika disentuh juga cepat dan tidak ada delay. Wajarlah ya kalau baru open box pasti kondisi hp masih bagus. Entah 2 tahun lagi pasti akan ada masalah. Sejauh ini untuk tampilan layar bagus tidak ada masalah.

7. Layar hanya IPS LCD

Berbicara tentang layar kali ini Realme Narzo 20 dibekali dengan IPS LCD yang notabene digunakan oleh hp harga di bawah 1 jutaan. Yeps, penggunaan layar IPS ini untuk menekan budget produsen. Kalau misalnya 2 jutaan udah dapat layar Super AMOLED itu luar biasa banget.

Walau hanya sebatas IPS bukan berarti layar hp ini burik. Tetap oke menjalankan game, nonton video, dan aktivitas yang lainnya.

Yang sedikit mengecewakan layarnya tidak mendukung FHD, jadi kurang enak aja.

8. RAM tersedia hanya 4GB

Entah apa yang membuat Realme tidak memberikan penawaran yang lebih bagus di perangkatnya. Misalnya memiliki varian 6GB akan lebih bagus tuh.

Cukup untuk informasi saja, Realme Narzo 20 hanya dibekali dengan varian 4/64 GB dan 4/128GB. Tapi lumayanlah ya, budget 2 jutaan bisa dapat RAM 4GB saat ini. Meskipun ada yang berani kasih 6GB dengan harga yang hampir saja di brand lain.

9. Realme UI 2.0 cukup mengesankan

Memang tidak banyak yang harus dikomentari untuk UI-nya. Tapi ada beberapa fitur yang menarik seperti tombol Quick Share terdapat di panel kamera yang membuat kamu bisa memposting foto yang baru saja kamu ambil langsung ke media sosial.

Nah, ada juga model gelap yang dapat disesuaikan dimana kamu akan mendapatkan pengalaman yang lebih cepat. Pengguna dapat memilih tiga corak berbeda, dari hitam yang “gelap” hingga abu-abu “smooth”. Dan fitur tersebut dibarengi dengan opsi penyesuaian ikon dan wallpaper di dark mode, lalu memaksa aplikasi pihak ke-3 mengikuti tema sistem.

Banyak sekali fitur yang tidak bisa kita jabarkan, sejauh ini sih boleh dikatakan menarik untuk ponsel 2 jutaan.

10. Dukungan fast charging hanya 18W

Entah kenapa cuma mendapatkan dukungan fast charging 18W padahal dinaikkan jadi 25W akan lebih menarik perhatian user. Beberapa orang memang menganggap 18W masih terlalu lama untuk teknologi di masa ini. So, buat kamu yang tetap nyaman dengan 18 juga tidak masalah.

Misalnya dapat 25W untuk pengisian daya dari 0% hingga 100% hanya perlu waktu 1 jam 10 menit. Tidak heran jika beberapa user mengeluhkan hal ini.

Jadi misalnya kamu tidak ada masalah dengan hanya mendapatkan 18W, Realme Narzo 20 tetap menjadi rekomendasi.

11. Resolusi belum FHD

Entah apa yang membuat Realme hanya memberikan space HD untuk resolusi layar. Padahal kalau sudah 1080 akan menjadi pertimbangan buat yang akan beli hp ini.

Sayangnya layar hanya memiliki resolusi 720 x 1600 pixels dengan 20:0 aspek rasio. Ini menyebabkan ketika download film FHD tapi layar cuma muat HD gambar juga gak maksimal.

12. Performa gaming payah

Setelah update ke Android 11 entah kenapa ketika memainkan PUBGm jadi lag. Nah, ini mungkin hanya masalah software yang belum optimal. Karena main Mobile Legend juga masih lancar.

Tapi dengan chipset yang ada di dalam hp ini sudah lumayan bagus meski hanya MediaTek.

Banyak orang yang mengatakan bahwa chipset MediaTek payah, tapi bukan demikian. Chipset MediaTek sekarang juga sama bagusnya dengan Qualcomm untuk itulah kamu harus tahu cara membandingkannya. Tidak hanya dari “katanya”, melainkan lihat skor Antutu apakah sudah maksimal. Dari hasil tes tersebut bisa kamu bandingkan kinerja nya.

Intinya

Kalau mau hp murah speknya gahar bisa lirik Poco X3 saja. Realme Narzo 20 masih banyak kekurangan walaupun sudah memakai chipset MediaTek versi gaming. Namun, jika ada budget yang lebih sedikit bisa ambil Infinix Note 10 Pro atau Realme Narzo 30.

Itu hanya saran aja, tidak mutlak harus mengikuti saran yang ada di sini.

Leave a Comment