12 Kelebihan dan Kekurangan Vivo V20, Ponsel 3 Kamera Prosesor Gahar!

Vivo V20 pertama kali dirilis pada Oktober 2020 dengan mengusung chipset Snapdragon 720G. Dan setelah peluncuran tersebut hadir Vivo V20 2021 dengan menggunakan chipset Snapdragon 730.

Bedanya sih hanya di chipset yang digunakan saja, selebihnya sama semua. Entah apa yang membuat Vivo tega mengeluarkan jenis ponsel yang namanya sama tapi speknya hanya berbeda di chipset.

Harga Vivo V20 Rp 4.999.000 dengan chipset Snapdragon 720G dan 8GB/128GB. Karena ada variasi lain dimana storage internal 256GB dan RAM 8GB maka harga juga naik.

Untuk kali ini kita hanya akan menguraikan poin penting di hp Vivo V20 yang menggunakan Snapdragon 720G. Tentu sebelum membeli ponsel kamu harus tahu apa yang menjadi like dan dislike dari ponsel tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan Vivo V20

Kelebihan dan Kekurangan Vivo V20

1. Tipis dan Desain Elegan

Desain dari Vivo V20 sangat tipis karena memiliki dimensi 161.3 x 74.2 x 7.4 mm dan berat 171 g. Bahkan untuk desain dibagian belakang dimana terdapat 3 buah kamera dan LED flash yang berada di satu panel.

Dari varian warna yang tersedia juga ada banyak seperti Sunset Melody, Midnight Jazz, dan Moonlight Sonata.

Dari beberapa warna tersebut yang paling bagus Sunset Melody, karena bisa berubah warnanya ketika dimiringkan ke kanan atau ke kiri.

2. Layar menggunakan AMOLED

Meskipun tidak mendapatkan layar Super AMOLED tetapi Vivo V20 dibekali dengan layar AMOLED. Harusnya sih bisa mendapatkan layar Super AMOLED dengan harga ponsel yang diatas rata-rata ini. Tapi sayangnya ini belum tersedia di Vivo V20.

Apakah bagus layar AMOLED?

Tentu masih bisa dikatakan bagus untuk sekarang ini, tidak kalah dengan layar IPS LCD. Tapi tetap yang lebih baik ada kata Super-nya. 

3. RAM Besar

RAM yang tersedia di ponsel ini hanya varian 8GB saja, tapi storage terbagi dua 128GB dan 256GB.

Dengan RAM yang besar akan mendukung kinerja ponsel untuk kebutuhan sehari-hari dan gaming. Saat ini RAM 8GB untuk smartphone bisa dikatakan hal yang lumrah. Karena perkembangan teknologi yang cepat membuat brand berlomba-lomba menaikkan spek ponsel mereka.

4. Chipset Mid Range

Jika kamu ambil Xiaomi pasti akan mendapatkan chipset yang lebih bagus. Misalnya Xiaomi Poco X3 Pro yang menggunakan chipset Snapdragon 860 di harga 3.5 jutaan saja.

Dan chipset yang digunakan Vivo V20 masih Snapdragon 720G yang merupakan chipset dahulu. Performa sudah jelas sekali bahwa chipset yang lebih baru akan lebih baik mulai dari skor Antutu, performa gaming, dan kinerja untuk kebutuhan sehari-hari.

Tapi kamu tidak perlu khawatir jika ingin beli Vivo V20, karena chipsetnya cukup untuk melibas berbagai game terbaik seperti PUBG, Genshin Impact, Mobile Legend, dll.

5. Kamera Bagus

Handset ini menggunakan sensor utama 64MP yang digabungkan dengan aperture f/1.9. Ukuran sensornya adalah 1/1,72″, dan memiliki piksel 0,8┬Ám. Seperti yang mungkin sudah Anda duga, sensor mendukung binning piksel 4-ke-1 asli, jadi gambar tetap keluar dalam resolusi 16MP.

Kamera sangat bagus untuk kamera utama. Hasil yang didapatkan sangat memuaskan, dimana detail dari objek yang kita pidik menjadi begitu akurat.

Efek bokeh yang tersedia juga cantik sekali, ini membuat fokus pada titi objek benar-benar nampak seperti menggunakan kamera DSLR. Kontrasnya bagus, dan HDR Otomatis tampaknya cukup kompeten. Detail seperti dedaunan terlihat bagus dan alami.

6. Dukungan Android 11

Vivo V20 adalah salah satu perangkat pertama yang menggunakan Android 11, dan juga membawa Funtouch OS 11 terbaru dari Vivo. Tidak seperti iterasi OS sebelumnya, Funtouch 11 terlihat dan terasa seperti Android biasa. 

Sifat FunTouch 11 yang agak stock-ish dapat dikenali lebih lanjut oleh sejumlah kecil aplikasi pra-instal.

Untuk pengguna pertama mungkin UI sedikit membingungkan, bila 2 minggu pemakaian pasti akan lebih mengerti dengan panel yang tersedia.

7. Tersedia NFC

Nah, rasanya tidak akan puas jika ponsel dengan harga 5 jutaan tidak mendapatkan fitur NFC.

Ya, di Vivo V20 kamu bisa mendapatkannya. Ini akan membantu kamu untuk memenuhi kebutuhan e-Money seperti pengecekan saldo. Selain itu fitur ini bisa membagikan contact nomor telepon tanpa harus add secara manual.

8. Tidak tersedia Refresh Rate Display

Sayang banget deh kalau dengan harga yang tinggi tidak dapat fitur refresh rate. Apakah penting fitur ini?

Jelas sekali sangat penting untuk mendapatkan performa tampilan yang lebih smooth dan berwarna. Misalnya jika kamu menonton video Youtube dengan refresh rate yang tinggi gerakan gambar dan tampilan akan semakin bagus.

Tentunya video tersebut juga harus sudah mendukung layar refresh rate. 

9. Baterai hanya 4000 mAh

Untuk kapasitas baterai sendiri sedikit mengecewakan karena hanya dibekali dengan kapasitas 4000 mAh. Padahal ponsel sekarang ini lebih mementingkan kapasitas baterai juga karena maraknya penggunaan ponsel untuk kebutuhan gaming.

Selain itu ponsel ini sudah mendukung fast charging 33W sehingga ketika mengisi daya tidak terlalu lama. Hanya 1 jam 10 menit sudah terisi penuh baterai di Vivo V20.

10. Tidak Diproteksi Gorilla Glass

Proteksi sangat penting untuk keselamatan ponsel. Ini dimaksudkan ketika ponsel terjatuh di ketinggian saku celana layar tidak pecah. Walaupun proteksi layar tidak diperlukan bagi sebagian orang tapi ini akan menjaga ponsel kamu.

Nah, untuk Vivo V20 sayangnya tidak ada Gorilla Glass. Jadi, jika kamu membeli ponsel mahal dengan harga 5 jutaan tetap harus hati-hati ketika membawanya.

11. Belum 5G

Padahal ponsel ini harganya cukup untuk mendapatkan hp dengan fitur jaringan 5G. Tapi sayangnya belum tersedia di Vivo V20. Karena chipsetnya sendiri belum mendukung, jadi mau bagaimana lagi.

Sisi bagusnya kamu bisa tetap tenang karena 5G di Indonesia juga belum masih sedikit providernya, hanya Telkomsel setahu kita. Cakupan wilayah juga sedikit belum meluas seperti 4G.

12. Performa kamera ultra lebar yang mengecewakan

Performa kamera ultra-wide sedikit mengecewakan meski dengan pencahayaan yang bagus. Gambar terlihat lembut tanpa detail halus, noise dapat diamati pada latar belakang yang homogen, dan pinggiran warna ke arah tepi gambar mudah terlihat.

Ketika di zoom maksimal detail jadi memudar, harusnya bisa dibuat zoom yang tidak terlalu jauh sehingga hasilnya cukup memuaskan.

Mungkin buat beberapa orang kamera ultra lebar tidak begitu penting. Jadi kamu bisa memakai kamera utama untuk take picture.

Intinya

Untuk saat ini ponsel Vivo V20 tidak direkomendasikan. Karena harga yang mahal dan hanya mendapatkan sedikit fitur menarik. Yang paling penting di bagian chipsetnya, padahal sekarang ini ada hp yang lebih murah dengan chipset yang lebih handal.

Leave a Comment