12 Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Poco X3 NFC, HP Gaming Kamera Bagus!

Xiaomi Poco X3 NFC yang menjadi incaran banyak fans memang menawarkan spesifikasi dan harga memuaskan. Biar kalian tidak tanya-tanya lagi apakah ponsel ini punya NFC, jadi Xiaomi memberi nama dengan embel-embel NFC dibelakangnya. Harganya murah dengan RAM 6GB dan internal 64GB di range harga Rp 3.100.000,-.

Poco X3 NFC chipset yang digunakan Snapdragon 732G yang merupakan versi dari Snapdragon yang levelnya diatas 730G yang kebanyakan digunakan di smartphone kelas harga 6-7 jutaan. Hanya saja Snapdragon 732G memiliki clock speed yang lebih kencang.

Secara sederhana untuk ponsel dengan harga 3 jutaan (awal keluar) masih bisa diandalkan untuk main game ML, PUBG Mobile, Free Fire, dan cacing. Tapi ada yang baru dari Xiaomi mereka mengeluarkan Poco X3 Pro yang menggunakan prosesor lebih baik. Nah, apakah Poco X3 NFC masih bagus untuk dimiliki?

Beberapa poin dibawah ini akan memberikan gambaran buat kamu yang tidak suka lama-lama membaca review dari banyak media.

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Poco X3 NFC

1. Perlindungan Corning Gorilla Glass 5

Jarang sekali ada ponsel yang menggunakan Gorilla Glass 5 di harga 3 jutaan. Inilah kenapa Xiaomi Poco X3 NFC sangat menarik di kalangan mid range. Kelebihan dari Xiaomi Poco X3 NFC terdapat proteksi yang sangat aman dari benturan benda keras.

Misalnya ketika hp kamu tertekan layarnya, bisa dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 5 sehingga layar tidak terkena tekanan langsung.

Gorilla Glass 5 bertahan hingga 1,2 meter, jatuh setinggi pinggang ke permukaan yang keras dan kasar ponsel masih tetap aman.

2. Perlindungan Debu dan Percikan Sertifikat IP53

Selain mendapatkan perlindungan di bagian layar Xiaomi Poco X3 NFC juga mendapatkan perlindungan dari sisi ketahanan percikan air dan debu. Ini sangat aman ketika kamu merasa sering kehujanan di jalan.

Bisa dikatakan walaupun bersertifikat IP53 kamu tidak boleh menenggelamkan ponsel ke dalam air.

3. Layar IPS LCD besar dengan takik kecil, kontras luar biasa, HDR10, 120Hz

Layarnya berukuran 6.67 inci yang menggunakan type IPS LCD dengan refresh rate 120Hz. Walaupun refresh rate tidak begitu berpengaruh pada performa ponsel tetapi dengan adanya layar 120Hz tampilan agak terlihat semakin smooth.

Tapi layar dengan 120Hz sangat jarang orang menggunakannya, karena akan mengurus baterai dengan cepat. Kamu bisa menggunakan tampilan 120Hz dengan menggantinya di screen refresh rate pada pengaturan ponsel.

4. Tersedia NFC

Dari namanya saja kita sudah tahu bahwa smartphone ini tersedia fitur NFC. NFC yang sekarang ini banyak diperlukan oleh pengguna jalan toll untuk cek saldo e-Money.

Selain itu NFC juga berfungsi untuk mengirim nomor ponsel dan detail kontak ke ponsel lain tanpa harus memasukkan detail secara manual.

5. Baterai Berkapasitas Besar

Dengan dibekalinya baterai dengan kapasitas 5160 mAh ponsel tahan lama untuk kebutuhan gaming dan daily.

Selain dari sisi kapasitas baterai juga tersedia pengisian daya cepat 33W, mampu mengisi baterai dari nol hingga full hanya dengan waktu 68 menit.

6. Kamera Bagus dan Resolusi Besar

Xiaomi Poco X3 NFC memiliki kamera utama dengan resolusi 64 MP, dan untuk kamera lainnya ada 13MP ultrawide, 2MP macro, dan 2MP depth sensor.

Hasil dari kameranya sih memang sedikit biasa saja, rada kusam ketika digunakan memotret dengan cahaya yang terlalu terang.

Tapi dengan harga 3 jutaan mendapatkan kamera yang nilainya 8, sudah cukup memuaskan.

7. Menggunakan Chipset Snapdragon 732G

Snapdragon 732G adalah chipset yang banyak digunakan pada ponsel dengan kelas harga 5 jutaan di tahun 2018. Tapi sekarang ini Xiaomi hadirkan chipset tersebut di hp 3 jutaan.

Pecinta ponsel Xiaomi sudah pasti tahu performa chipset tersebut. Untuk melibas main Genshin Impact yang merupakan game kelas berat Xiaomi Poco X3 NFC tidak pernah ada masalah.

Apalagi kalau cuma kelas game Mobile Legend kamu bisa memainkannya tanpa harus lag di hp kamu.

8. Pengisian Daya Cepat 33W

Dengan adanya fitur fast charging 33W kamu akan terbantu bila hp baterai habis ketika digunakan untuk bermain game. Ini adalah teknologi yang sangat penting ketika melihat maraknya penggunaan ponsel hanya untuk gaming.

Tapi kamu tidak perlu khawatir dengan baterai berkapasitas 5160 mAh dari Xiaomi Poco X3 NFC karena untuk penggunaan daily saja seperti nonton Anime atau Youtube ponsel ini bisa bertahan lebih dari 12 jam.

9. Speaker Bagus dan Kencang

Ponsel ini sangat cocok buat kamu yang suka dengerin musik di Youtube atau download mp3. Nah, Xiaomi Poco X3 NFC sudah mendukung speaker stereo sehingga suara jadi lebih mantap.

Ketika digunakan untuk mendengarkan musik suara dari bass kerasa banget. Jadi ketika digunakan mendengarkan musik akan ada getaran dari dalam karena memang speakernya besar.

10. Bodi Terbuat dari Plastik

Sangat disayangkan bodi hanya terbuat dari plastik yang katanya. Dari GSMArena tercantum aluminum frame padahal hanya plastik. Bodi plastik memang bukanlah menjadi masalah utama namun jika kamu suka dengan estetika yang keras ponsel ini tidak cukup bagus buat kamu.

11. Tidak Mendukung 5G

Tentu saja untuk saat ini masih jarang HP mendapatkan jaringan 5G. Namun, karena 5G belum tersedia meluas di Indonesia kamu bisa memakai 4G dari Xiaomi Poco X3 NFC untuk kebutan internet sehari-hari.

Tapi kamu bisa melirik Xiaomi Poco M3 Pro 5G yang mana ponsel tersebut hanya dijual 2.5 jutaan saja. Itupun jika kamu butuh ponsel dengan jaringan 5G.

12. Terdapat Iklan

Tidak heran jika ponsel murah dengan spek gahar dari Xiaomi dibekali dengan iklan. Ini menjadi penyakit yang selalu mengganggu pengguna ponsel Xiaomi.

Tapi iklan tersebut dapat diminimalisir agar tidak selalu keluar. Cara menghilangkan iklan di hp Xiaomi bisa kamu cek di artikel sebelumnya.

Intinya

Jika kamu merasa ingin ponsel dengan spek gahar untuk kebutuhan gaming dan harian bisa mencoba mengadopsi ponsel ini. Namun, jika ada budget lebih bisa mencoba Xiaomi Poco X3 Pro yang chipsetnya lebih tinggi lagi.

Leave a Comment